Rabu, 18 Juni 2014

Manajemen SDM-PENEMPATAN DAN PROGRAM ORIENTASI



 A.            PENGERTIAN PENEMPATAN
            Penempatan merupakan proses atau pengisian jabatan atau PENUGASAN kembali pada tugas atau jabatan baru atau jabatan yang berbeda.        

 Penugasan berupa (Marihot tua):
              Penugasan pertama untuk pegawai baru
              Promosi
              Pengalihan (transfer)
              Penurunan jabatan (demosi)
              PHK           

Tantangan Bagi Karyawan Baru
  1. Menghadapi harapan yang tidak realistis yang berkaitan dengan:
a.       Jenis pekerjaan yang akan dilakukan.
b.      Jumlah Feedback yang diterima
c.       Ganjaran yang akan diterima
d.      Kemampuan mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari disekolah pada pekerjaan.
e.       Keseimbangan antara tujuan pribadi dan tujuan organisasi.
      2.            Mempelajari banyak mengenai tujuan karier mereka, yaitu:
a.       Jabatan tertinggi yang dapat diraih dalam organisasi  itu.
b.      Apakah pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan yang mereka miliki sesuai dengan pekerjaan yang akan dilakukan?
      3.            Menentukan tujuan yang penting pada organisasi dan diterima oleh rekan kerja dan atasan (supervisor).
                       
  B.            Kendala-kendala Penempatan
      1.            Ketidakcocokan
a.       Ketidakcocokan kognitif adalah perbedaan antara apa yang  diantisipasikan dan apa yang dialami. 
      2.            Perputaran karyawan baru
            Perputaran karyawan adalah derajat perpindahan karyawan yang melewati batas syarat kuantitas dan kualitas karyawan dari sebuah perusahaan.
            Alasan terjadinya perputaran karyawan:
a.       Tidak betah dan ada tawaran kerja yang lebih menarik.
b.      Pensiun
c.       Dipecat
d.      Cacat tetap
e.       Meninggal
f.       Promosi ke divisi cabang perusahaan ditempat lain
PERPUTARAN KARY. TINGGI  PROSES PRODUKSI TERGANGGU MORAL KARY YG DITINGGALKAl GOYAH PELAYANAN KONS TERGANGGU PERUSAHAAN RUGI :
   Kesan buruk
   Biaya mahal
   Proses produksi terganggu

  1. Upaya Memeperkecil Perputaran Karyawan
1.      Untuk karyawan baru, perlu diberikan :
                 Program orientasi dan sosialisasi tentang situasi dan kondisi  perusahaan
                 Menciptakan suasana interaksi sosial aktif.
                              2.      Untuk karyawan yang sudah ada perlu dilakukan:
  Peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi
  Besaran upah yang sesuai
  Promosi karir,
  Fasilitas kerja,
  Fasilitas pelayanan karyawan dan keluarganya,
  Kepemimpinan yang kondusif.

    C.            Penempatan Tenaga Kerja
            Teori SDM yang mutakhir menekankan bahwa penempatan tidak hanya berlaku pada karyawan baru, tetapi berlaku juga bagi karyawan lama yang mengalami alih tugas dan mutasi.
            Berarti konsep penempatan mencangkup :   PROMOSI, TRANSFER dan DEMOSI   (Sondang S, 2008).

1.                  Promosi
            Promosi adalah jika seorang karyawan atau   pegawai dipindahkan dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain yang tanggung jawabnyalebih besar, tingkatan hierarki jabatan lebih tinggi dan penghasilannya pun lebih besar pula.
             Dua Kriteria Promosi :
            a.  Prestasi Kerja
                           Dasarnya:
                                                       A.            Menggunakan penilaian atas hasil  karya yang sangat baik dalampromosi atau jabatan sekarang          
                                                        B.            Perhitungan yang matang atas potensi kemampuan yang bersangkutan  menduduki posisi yang lebih tinggi Kriteria Promosi
            b.         Senioritas
                                                    A.            Pegawai yang paling berhak dipromosikan  adalah yang masa kerjanya paling lama.
                                                     B.             Banyak organisasi yang menempuh cara  ini.

Pertimbangan:
                                                                              1.            Sebagai penghargaan atas jasa-jasa seseorang paling sedikit dilihat dari segi loyalitas kepada organisasi.
                                                                              2.            Penilaian biasanya bersifat obyektif karena mencangkup dengan membandingkan masa kerja orang – orang tertentu yang dipertimbangkan untuk dipromosikan.
                                                                              3.            Mendorong organisasional mengembangkan para karyawannya karena karyawan yang paling lama bekerja akhirnya akan mendapat promosi.

Kelemahan Kriteria Promosi berdasarkan SENIORITAS:
Terutama pada kenyataan bahwa karyawan yang paling senior BELUM      TENTU merupakan PEGAWAI yang PALING PRODUKTIF, juga belum tentu PALING MAMPU BEKERJA.

Cara mengatasi:
Dengan adanya program PENDIDIKAN dan PELATIHAN bagi sekelompok pegawai yang melakukan pekerjaan – pekerjaan tertentu yang akan dipertimbangkan untuk dipromosikan.

2.         Transfer
                        Ada 2 bentuk:
a.       Penempatan seseorang pada tugas baru dengan tanggung jawab, hierarki jabatan dan penghasilan yang relatif sama dengan statusnya  yang lama.
b.      Alih tempat.
                       ARTINYA : Seorang pekerja melakukan pekerjaan yang sama         atau sejenis, penghasilan tidak berubah dan tanggung jawabnya              pun relatif sama. HANYA saja  secara fisik LOKASI tempatnya               bekerja lain dari yang sekarang.

Manfaat Alih Tempat:
                                                                                      1.            Pengalaman baru
                                                                                      2.            Cakrawala pandangan yang lebih luas
                                                                                      3.            Tidak terjadinya kebosanan atau kejenuhan
                                                                                      4.            Perolehan pengetahuan dan keterampilan baru
                                          5.            Perolehan perspektif baru mengenai kehidupan organisasional
                                          6.            Persiapan untuk menghadapi tugas baru. Misalnya karena promosi
                                          7.            Motivasi dan kepuasan kerja yang lebih tinggi berkat tantangan dan situasi yang dihadapi.

3.Demosi
            PENGERTIAN:
            Demosi adalah bahwa seseorang karena berbagai pertimbangan, mengalami penurunan pangkat atau jabatan dan penghasilan serta tanggung jawab yang semakin kecil. Pada umumnya demosi dikaitkan dengan pengenaan suatu sanksi disiplin
Alasan adanya DEMOSI:
a.       Penilaian negatif oleh atasan karena prestasi kerja yang tidak atau kurang memuaskan.
b.      Perilaku karyawan yang disfungsional seperti tingkat kemangkiran yang tinggi.

    D.            Pengertian Orientasi
a.       ORIENTASI = INDUKSI
b.      Program orientasi adalah: kegiatan pengenalan para karyawan baru terhadap organisasi, fungsi, tugas dan orang-orang perusahaan.
c.       Orientasi dilaksanakan karyawan baru membutuhkan waktu untuk dapat menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan kerjanya yang baru ( Hastho & Meilan, 2007 ).

     E.            Manfaat Orientasi
            Manfaat dari program orientasi adalah pengurangan kecemasan karyawan   baru.
            Kecemasan sedikit mempelajari tugas – tugasnya dengan lebih baik membutuhkan perhatian sedikit  penyelia pekerjaannya sangat mungkin untuk tidak keluar dari perusahaan ( Mangkuprawira, 2011 ).

     F.            Muatan Program Orientasi 
Menurut Martoyo yang dikutip oleh Hastho & Meilan (2007) terdapat beberapa aspek yang termuat dalam program orientasi, yaitu :
1.      Masalah – masalah Organisasional,Meliputi :
         Sejarah singkat organisasional
         Organisasi perusahaan
         Nama dan Jabatan para direktur
         Layout  fasilitas-fasilitas yang tersedia
         Periode percobaan
         Kebijaksanaan dan aturan perusahaan
         Peraturan – peraturan disiplin
         Prosedur keamanan
         Buku pedoman karyawan
         Proses produksi
         Produk atau jasa lain yang dihasilkan
2.      Perkenalan dengan Staff Pelaksanaan, Meliputi :
         Atasan
         Pelatih
         Rekan sekerja
         Bagian bimbingan karyawan
3.      Tunjangan Karyawan, Meliputi :
         Gaji dan upah
         Cuti dan libur
         Jam istirahat
         Pelatihan dan pendidikan
         Konseling
         Asuransi
         Program pensiun
         Pelayanan organisasi terhadap karyawa
         Program Rehabilitasi
4.      Tugas – tugas Jabatan, Meliputi :
         Lokasi pekerjaan
         Tugas – tugas pekerjaan
         Kebutuhan keamanan
         Fungsi jabatan
         Sasaran –sasaran pekerjaan
         Hubungan atau ketertarikan dengan pekerjaan lainnya
Sedangkan hal – hal khusus yang berhubungan dengan pekerjaan yang perlu  diketahui oleh karyawan baru adalah :
a.       Kondisi kerja
b.      Upah dan jaminan sosial
c.       Program kesehatan dan keselamatan
d.      Program pelayanan
Uraian jabatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar