1.Seseorang pemasar harus
lebih mementigkan kepusaan pelanggan daripada mencari keuntungan,mengapa
demikian?
2.Dalam orientasi pasar
apa saja yang harus dilakukan oleh pemasar agar tujuan pemasaran berhasil?
Sebut dan jelaskan !
Orientasi
Pasar :
Analisis
Peluang,Perencanaan Pemasaran Strategis,Desain Strategi Pemasaran,Memutuskan
Program Pemasaran,Implementasi Program Pemasaran,Evaluasi dan Pengendalian
Program Pemasaran
3.Masalah apa saja yang
sering terjadi dalam pemasaran dan bagaimana mengatasi masalah tersebut?
Jelaskan !
Masalah
dalam pasar sekarang ini adalah terjadinya kelebihan kapsitas yang
mengakibatkan terjadinya Hyperkompetisi,terlalu banyak mengejar
pelanggan,akibatnya banyak perusahaan yang mengalami penurunan pangsa pasar
bahkan bangkrut karena tak mampu bersaing.
Agar
msalah tersebut teratasi :
-menjadikan
pemasar sebagai konsep strategisbisnis yang mampu melakukan tindakan
penyesuaianterhadap kondisi lingkungan yang terus berubah
-perlunya
pengkajian ulang secara terus menerus,penyesuain,mentransformasikan keadlam
dimensi-dimensi perubahan,dan enterprise untuk mendorong penciptaan nilai bagi
StakeHolder.
4.Jelaskan mengapa COA
(Consumer Oriented Approach) penting dalam konsep pemasaran !
Karena
dalam konsep ini terdapat asumsi asumsi sbb :
-Pelanggan
lebih tau apa yang mereka butuhkan
-orientasi
pada kebutuhan dan keinginan pelanggan sebagai sasaran utama bagiu keberhasilan
kegiatan pemasaran
-riset
pemasaran membantu dalam menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan
tepat
-pelanggan
yang merasa puas akan membeli produk secara berulang ulang
Dari
situ dapat disimpulkan bahwa dengan konsep ini dapat diketahui bahwa pelanggan
akan membeli product yang kiranya mereka butuhkan/inginkan.Dan pemasaran harus
berorientasi pada product yang kiranya menjadi kebutuhan/diinginkan oleh
pelanggan.Untuk mengetahuinya,diperlukan adanya riset pemasaran agar tepat
sasaran.ketika pelanggan puas,mereka akan terus menerus membeli product tadi.
5.Jelaskan manfaat
pendekatan Teoritis !
Dalam pendekatan ini,marketing
memilki sebuah argumentasi yang menjelaskan realitas bisnis bahwa berorientasi
pada product yang mengarah pada penurunan dan berorientasi pada pasar akan
mencegah penurunan
Manfaatnya :
Manfaatnya :
-menjelaskan peristiwa-peristiwa yang
sudah terjadi
-meramalkan peristiwa yang akan datang
-membimbing pemilihan alat-alat untuk
menentukan transaksi bisnis
6.Mengapa diperlukan
perencanaan pemasaran dan bagaimana proses perencanaan pemasaran? Jelaskan !
Dengan
perencanaan pemsaran yang tepat,marketor,dakan mampu memperpanjang nilai bagi
umur hidup pelanggan agar mereka menjadi setia (Loyalty Costumer LifeTime)
Prosesnya
:
Misi
Bisnis
1.
Analisis Internal :Kinerja,Product,Distribusi,Promosi,Tenaga Penjualan,R&D
2.
Analisis External : ProductMarket,Customer,Competitor,Industri Environment
Keduanya
mempunyai Tujuan Pemasaran yang sama yaitu : Profit,Sales,Market Share,Inovasi
7.Dalam Boston Consultan Group,menurut anda apa yang paling tepat bagi perusahaan yang baru saja berdiri? Jelaskan !
Penjelasan
-Question mark :
Potensi
pertumbuhan sangat tinggi,tetapi pangsa pasarnya relatif rendah.Memerlukan
Investasi yang besar untuk mengikuti Pertumbuhan yang cepat sehinnga menggeser
ke Star.Arus Kas cenderung negatif karena kebutuhan Investasi masi sangat
besar.
-Star
:
Pertumbuahan
pasar yang sangat cepat,sehingga sangat memungkinkan perusahaan memperoleh
pangsa pasar yang besar.Memerlukan Investasi untuk tumbus secepat pertumbuhan
pasar yang besar,sehingga arus kas belum tentu positif
-Cash
Cow :
Memiliki
pertumbuhan yang menurun dan lambat.Dapat mengalami skala ekonomis,menghasilkan
margin labayang tinggi.
-Dog
:
Pertumbuhan
pasar yang sangat lambat,pangsa pasar sangat rendah,masa depan product suram
8.Dalam pasar bisnis sangat berbeda dengan pasar konsumen,Sebut dan jelaskan perbedaan pasar tersebut minimal 10 !
-sedikit
pembeli
-pembeli
skala besar
-hubungan
erat supplier dan konsumen
-pembeli
yang terkonsentrasi secara geografis
-permintaan
inElastis
-permintaan
flukstuatif
-permintaan
turunan
-Pembelian
profesional
-pembelian
langsung
-Kunjungan
sales berkali kali
-imbal
balik
-leasing
9.Sebut dan jelaskan 5 kekuatan penentu daya tarik pasar !
10.Apa yang dimaksud dengan Entry,mobility,dan Exit Barrers (penghambat) ?
-Penghalang
masuk menunjukan seberapa mudahnya suatu perusahaan memasuki suatu pasar yang
menunjukan Laba yang menarik
-Penghalang
masuk berbeda untuk setiap industri,mis membuka rumah makan relatif lebih mudah
daripada memasuki industri pesawat terbang
-Penghalang
masuk seperti Modal yang tinggi,kelangkaan lokasi,lisensi,skala ekonomis.
-Setelah
memasuki Industri,perusahaan juga akan menghadapi penghalang mobilitas manakala
akan memasuki segmen pasar yang menarik
-Penghalang
Keluar antara lain tanggung jawab hukum dan moral kepada
pelanggan,kreditor,pegawai.
11.Jelaskan apa yang dilakukan pasar apabila mereka sebagai pemimpin pasar,penantang pasar,dan pengikut pasar? Contohnya ?
12.Apa bedanya perilaku konsumen habbitual & loyalty? Apa syarat supaya kosumen yang habbitual bisa ke loyalty ? Jelaskan !
-memberikian
pelayanan yang bisa membuat para konsumen puas.
-selalu
berinovasi product yang kiranya menarik sesuai keinginkan/di butuhkan konsumen
yang pada perusahaan pesaing tidak/belum ada.
-tidak
mematok laba yang terlalu besar,demi mendapatkan loyalitas dan pangsa pasar.
-berfokus
pada kupuasan non ekonomi seperti kepercayaan,kepuasan terhadap product
sebelumnya,nilai lebih suatu product di banding product pesaing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar