Rabu, 06 November 2013

Manajemen Pemasaran


1.Seseorang pemasar harus lebih mementigkan kepusaan pelanggan daripada mencari keuntungan,mengapa demikian?

2.Dalam orientasi pasar apa saja yang harus dilakukan oleh pemasar agar tujuan pemasaran berhasil? Sebut dan jelaskan !
Orientasi Pasar :
                Analisis Peluang,Perencanaan Pemasaran Strategis,Desain Strategi Pemasaran,Memutuskan Program Pemasaran,Implementasi Program Pemasaran,Evaluasi dan Pengendalian Program Pemasaran

3.Masalah apa saja yang sering terjadi dalam pemasaran dan bagaimana mengatasi masalah tersebut? Jelaskan !
                Masalah dalam pasar sekarang ini adalah terjadinya kelebihan kapsitas yang mengakibatkan terjadinya Hyperkompetisi,terlalu banyak mengejar pelanggan,akibatnya banyak perusahaan yang mengalami penurunan pangsa pasar bahkan bangkrut karena tak mampu bersaing.
Agar msalah tersebut teratasi :
-menjadikan pemasar sebagai konsep strategisbisnis yang mampu melakukan tindakan penyesuaianterhadap kondisi lingkungan yang terus berubah
-perlunya pengkajian ulang secara terus menerus,penyesuain,mentransformasikan keadlam dimensi-dimensi perubahan,dan enterprise untuk mendorong penciptaan nilai bagi StakeHolder.

4.Jelaskan mengapa COA (Consumer Oriented Approach) penting dalam konsep pemasaran !
Karena dalam konsep ini terdapat asumsi asumsi sbb :
-Pelanggan lebih tau apa yang mereka butuhkan
-orientasi pada kebutuhan dan keinginan pelanggan sebagai sasaran utama bagiu keberhasilan kegiatan pemasaran
-riset pemasaran membantu dalam menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan tepat
-pelanggan yang merasa puas akan membeli produk secara berulang ulang
                Dari situ dapat disimpulkan bahwa dengan konsep ini dapat diketahui bahwa pelanggan akan membeli product yang kiranya mereka butuhkan/inginkan.Dan pemasaran harus berorientasi pada product yang kiranya menjadi kebutuhan/diinginkan oleh pelanggan.Untuk mengetahuinya,diperlukan adanya riset pemasaran agar tepat sasaran.ketika pelanggan puas,mereka akan terus menerus membeli product tadi.

5.Jelaskan manfaat pendekatan Teoritis !
                Dalam pendekatan ini,marketing memilki sebuah argumentasi yang menjelaskan realitas bisnis bahwa berorientasi pada product yang mengarah pada penurunan dan berorientasi pada pasar akan mencegah penurunan
Manfaatnya :
-menjelaskan peristiwa-peristiwa yang sudah terjadi
-meramalkan peristiwa yang akan datang
-membimbing pemilihan alat-alat untuk menentukan transaksi bisnis

6.Mengapa diperlukan perencanaan pemasaran dan bagaimana proses perencanaan pemasaran? Jelaskan !
                Dengan perencanaan pemsaran yang tepat,marketor,dakan mampu memperpanjang nilai bagi umur hidup pelanggan agar mereka menjadi setia (Loyalty Costumer LifeTime)
Prosesnya :
Misi Bisnis
1. Analisis Internal :Kinerja,Product,Distribusi,Promosi,Tenaga Penjualan,R&D
2. Analisis External : ProductMarket,Customer,Competitor,Industri Environment
Keduanya mempunyai Tujuan Pemasaran yang sama yaitu : Profit,Sales,Market Share,Inovasi

7.Dalam Boston Consultan Group,menurut anda apa yang paling tepat bagi perusahaan yang baru saja berdiri? Jelaskan !
Penjelasan
-Question mark  :
                                  Potensi pertumbuhan sangat tinggi,tetapi pangsa pasarnya relatif rendah.Memerlukan Investasi yang besar untuk mengikuti Pertumbuhan yang cepat sehinnga menggeser ke Star.Arus Kas cenderung negatif karena kebutuhan Investasi masi sangat besar.

-Star                       :
                Pertumbuahan pasar yang sangat cepat,sehingga sangat memungkinkan perusahaan memperoleh pangsa pasar yang besar.Memerlukan Investasi untuk tumbus secepat pertumbuhan pasar yang besar,sehingga arus kas belum tentu positif

-Cash Cow            :
                Memiliki pertumbuhan yang menurun dan lambat.Dapat mengalami skala ekonomis,menghasilkan margin labayang tinggi.

-Dog                       :
                Pertumbuhan pasar yang sangat lambat,pangsa pasar sangat rendah,masa depan product suram

8.Dalam pasar bisnis sangat berbeda dengan pasar konsumen,Sebut dan jelaskan perbedaan pasar tersebut minimal 10 !
-sedikit pembeli
-pembeli skala besar
-hubungan erat supplier dan konsumen
-pembeli yang terkonsentrasi secara geografis
-permintaan inElastis
-permintaan flukstuatif
-permintaan turunan
-Pembelian profesional
-pembelian langsung
-Kunjungan sales berkali kali
-imbal balik
-leasing

9.Sebut dan jelaskan 5 kekuatan penentu daya tarik pasar !
                              

10.Apa yang dimaksud dengan Entry,mobility,dan Exit Barrers (penghambat) ?
                -Penghalang masuk menunjukan seberapa mudahnya suatu perusahaan memasuki suatu pasar yang menunjukan Laba yang menarik
                -Penghalang masuk berbeda untuk setiap industri,mis membuka rumah makan relatif lebih mudah daripada memasuki industri pesawat terbang
                -Penghalang masuk seperti Modal yang tinggi,kelangkaan lokasi,lisensi,skala ekonomis.
                -Setelah memasuki Industri,perusahaan juga akan menghadapi penghalang mobilitas manakala akan memasuki segmen pasar yang menarik
                -Penghalang Keluar antara lain tanggung jawab hukum dan moral kepada pelanggan,kreditor,pegawai.

11.Jelaskan apa yang dilakukan pasar apabila mereka sebagai pemimpin pasar,penantang pasar,dan pengikut pasar? Contohnya ?

12.Apa bedanya perilaku konsumen habbitual & loyalty? Apa syarat supaya kosumen yang habbitual bisa ke loyalty ? Jelaskan !
-memberikian pelayanan yang bisa membuat para konsumen puas.
-selalu berinovasi product yang kiranya menarik sesuai keinginkan/di butuhkan konsumen yang pada perusahaan pesaing tidak/belum ada.
-tidak mematok laba yang terlalu besar,demi mendapatkan loyalitas dan pangsa pasar.
-berfokus pada kupuasan non ekonomi seperti kepercayaan,kepuasan terhadap product sebelumnya,nilai lebih suatu product di banding product pesaing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar